About Majalengka

Majalengka

Asal usul kota Majalengka berasal dari Nyai Rambut Kasih dan Pangeran   Muhammad.

Pada waktu itu kerajaan Cirebon mengutus Pangeran Muhammad untuk  mencari obat yaitu “Buah Maja” sedangkan buah itu hanya ada di kerajaan “Sindang Kasih” yang dipimpin oleh Nyi Rambut Kasih.

Pangeran Muhammad datang ke Sindangkasih bukan hanya mencari buah maja tetapi sambil menyebarkan Agama Islam, padahal saat itu kerajaan Sindangkasih sudah menganut Agama Hindu.

Setelah mendengar itu selaku pemimpin kerajaan Nyi Rambut Kasih akan memberikan buah itu tetapi ada syaratnya, Pangeran Muhammad harus masuk Agama Hindu, sedangkan ia menolak untuk masuk agama Hindu.

Maka Nyi Rambut Kasih murka dengan manghilangkan kerajaannya dan seluruh rakyatnya jadilah hutan dan gunung. Tetapi keinginan Pangeran Muhammad untuk mendapatkan buah itu sangat besar karena Nyi Rambut Kasih tidak mengabulkannya, maka Pangeran Muhammad bertapa / bersemedi agar diberi namun sampai tutup usia tidak diberi.

Beliau bertapa dibukit dan bukit itu diberi nama “MARGATAPA” dan kerajaan Sindangkasih menjadi hutan dan gunung. Akhirnya daerah itu disebut “Majalangka / Majalengka” sampai sekarang menjadi kota kecil.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: